Share Post

Program Kekraf Kukar Membuat Pemkab Belitung Terkesan

BERITAKALTIM.CO – Program ekonomi kreatif yang ada di Kutai Kartanegara dengan berbagai terobosan yang dibuat, membuat Pemkab Belitung Provinsi Bangka Belitung, melakukan studi komparatif dan diterima Sekretaris daerah Sunggono di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Rabu (24/4/2024).

Studi komparatif yang dipimpin langsung Pj Bupati Belitung Yuspian beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Belitung, diantaranya, Ketua DPRD Belitung Beltim Fezzi Uktolseja, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Belitung tersebut, berkaitan dengan pelaksanaan program Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) di Kukar.

Pj Bupati Belitung Yuspian mengatakan tujuannya bersama rombongan hadir di Kukar selain untuk bersilaturahmi, juga berdiskusi terkait pelaksanaan program Kekraf yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kukar.

Dipilihnya Kabupaten Kukar sebagai lokasi tujuan dari studi komparatif tersebut, tidak terlepas dari akan berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, yang nantinya akan menjadi masa depan negara Indonesia.

Lebih lanjut, Yuspian berharap apa yang telah dilaksanakan tersebut menjadi langkah awal bagi kedua belah pihak untuk saling berbagi informasi guna memajukan daerahnya masing-masing.

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutannya, mudah-mudahan bapak ibu semua yang hadir di ruangan ini, serta Bapak Bupati, Wakil dan Ketua DPRDnya nantinya juga berkenan berkunjung ke Bangka Belitung,” ucap Yuspian.

Sementara itu, Sekda Kukar H Sunggono saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kukar,

Sekda Kukar mengapresiasi atas terpilihnya Kabupaten Kukar sebagai daerah referensi, dalam perumusan kebijakan pembangunan di Kabupaten Belitung.

“Semoga silaturahmi ini memberikan dampak positif terhadap akselerasi pembangunan daerah yang lebih aktual, sinergi dan berdampak,” kata Sunggono.

Ditambahkan Sunggono, ada dua sektor penopang perekonomian Kabupaten Kukar kedepan seperti sektor pertanian dalam arti luas, yang ditopang dengan pembangunan industri hijau, dan sektor tersier melalui pengembangan pariwisata daerah.

Kedua sektor kunci ini diharapkan menjadi pondasi kekuatan ekonomi Kukar pada masa yang akan datang dan sebagai bagian dari respon untuk menangkap kebijakan nasional sebagai daerah mitra IKN.

“Berdasarkan atas kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Kukar menyadari bahwa, pembangunan ekonomi Kukar harus ditopang dengan sumber daya manusia yang berdaya saing, memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu menciptakan inovasi pembangunan yang lebih membumi,” ungkap Sunggono.

Lebih lanjut, dikatakan Sunggono dalam pendekatan perencanaan Pemkab Kukar telah menetapkan peraturan daerah nomor enam tahun 2021, tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah 2021-2026, sebagai penjabaran dari RPJPD 2005-2025 dan visi misi Kutai Kartanegara Idaman, sebagaimana janji politik Bupati dan Wakil Bupati Kukar terpilih yaitu mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berbahagia.

Penguatan ekonomi kreatif tercantum dalam misi ke tiga yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Yang dalam pendekatan politiknya terdapat program dedikasi Kukar Idaman yang terkait langsung dengan pembangunan ekonomi kreatif yakni program Kukar kreatif idaman, dan program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F) yang merupakan wujud dari komitmen Bupati Kukar dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif agar dapat berkembang di Kukar.

Selanjutnya, kegiatan dirangkai dengan tanya jawab dan diskusi terkait program-program yang telah dilaksanakan khususnya yang berkaitan dengan program Kekraf di Kukar.

Turut mendampingi Sekda Kukar pada kegiatan tersebut diantaranya Asisten III Setdakab Kukar Dafip Haryanto, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, Plt Dinas Pariwisata Kukar Sugiarto, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar Thaufiq Zulfian Noor, serta perwakilan Kekraf Kukar.#

Editor: Charle | Adv | Diskominfo Kukar

Share Post
Leave A Reply

Your email address will not be published.